Sejarah

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 18 Jakarta adalah Sekolah Menengah Umum yang berciri khas agama Islam.Sebuah lembaga yang dikelola di bawah nauangan Departemen Agama RI. Asal pendirian lembaga ini bermuara dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cijantung Jakarta Timur yang memiliki kelas filial di Jln. H. Dogol Pondok Bambu Duren Sawit Jakarta Timur dengan nama Madrasah Aliyah Negeri 2 Filial Pondok Bambu Jakarta Timur, Pada tahun 1994 MAN ini dimandirikan menjadi Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta. Perkembangan MAN 9 Jakarta pada saat itu cukup pesat, sehingga tidak dapat menampung permintaan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putri mereka. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pada tahun 1997 dibukalah kelas jauh dengan nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 KJ Pondok Kopi Jakarta Timur, yang berlokasi di jalan Raya Rawa Bahagia, Pondok Kopi (13460) Jakarta Timur.

Kepala Madrasah Aliyah Ngeri (MAN) 9 Jakarta dipegang berturut-turut oleh Drs.Tarli Sartijan, Drs. H. Mustofa Zen, Drs.H. Zaenudin Anwar,MA., Drs. M. Fadoli Kurdi, Drs. Amri, MM. sedangkan sebagai pimpinan MAN 9 Kj Pondok Kopi yang pertama dipercayakan kepada Dra. Aty Sholehati, Drs. Muhamad Afroji, Dra. Yusniawati kemudian kepada H. Murodi, S.Pd.I sampai Madrasah Aliyah Negeri ini mandiri menjadi MAN 18 Jakarta.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 KJ Jakarta yang berlokasi di jalan Raya Rawa Bahagia Pondok Kopi Jakarta Timur dimandirikan menjadi Madrasah Aliyah Negeri 18 Jakarta pada tanggal 21 Juli 2009. Pada waktu yang sama dilantiklah Dra.Hj. Na’imah Fathoni Lc, MA sebagai Kepala MAN 18 Jakarta.Pada tanggal 20 Oktober 2011 terjadi pergantian Kepala MAN 18 Jakarta, Ibu Dra.Yessy Anwar dilantik menggantikan Ibu Dra.Hj.Na’imah Fathoni Lc, MA. Selanjutnya pada Bulan Oktober 2014 Ibu Dra.Hj.Aty Sholehati M.Pd, dilantik menggantikan Ibu Dra.Yessy Anwar.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan khususnya pendidikan agama, pada Madrasah Aliyah Negeri 18 Jakarta terdapat 2 (dua) unit bangunan masing-masing 3 (tiga) lantai yang menampung 442 siswa, dengan kondisi baik, layak dan mutu bagus.